• Senam Hamil Untuk Kesehatan Kehamilan Ibu

    Momen kehamilan emang menjadi saat – saat yang sangat penting bagi perempuan. Tidak sedikit dari perempuan yang merubah pola makan dan pola gaya hidupnya demi menunjang kesehatan antara si ibu dengan si bayi. Salah satunya adalah dengan melakukan senam hamil yang kini sedang marak di kalangan wanita modern. Dulu, saat wanita sedang hamil pasti dilarang untuk melakukan kegiatan atau gerakan-gerakan yang dipandang akan mengancam kandungannya. Tetapi sekarang sudah berbeda, terus bergerak secara simultan justru dilihat sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan ibu dan bayinya. Selama gerakan yang dilakukan oleh sang ibu tidak membuatnya kelelahan karena dapat membahayakan kandungannya.

    Senam Hamil untuk Menjaga Kesehatan Kehamilan sang ibu

    Perempuan yang sedang hamil harus sangat menjaga kesehatan kehamilan, baik itu memperhatikan pola makan dan apa yang dimakan, juga harus memperhatikan aktivitas dan gerak-geriknya. Untuk menjaga kesehatan tubuh ibu dan kandungan, sangat disarankan untuk tetap berolahraga seperti melakukan beberapa gerakan senam hamil yang ringan.

    1. Senam ibu hamil trimester 1
    Pada masa trimester ini, usia kandungan berkisar satu sampai duabelas minggu. Kondisi janin masih rapuh, dengan kata lain masih sangat lemah dan sang ibu harus benar-benar menjaga kesehatan dan aktivitasnya agar tidak membahayakan janin. Dalam usia kandungan yang masih muda ini senam hamil atau olahraga yang cocok adalah melatih pernapasan. Selain baik untuk kesehatan, metode ini juga baik untuk rileksasi tubuh ibu hamil. Karena metode ini mampu mendorong atau menstimulan otak untuk menghasilkan mood dan pemikiran positif. Di trimester pertama ini, mood positif dari ibu akan sangat berpengaruh pada kondisi perkembangan janin untuk bulan-bulan berikutnya.

    Senam ibu hamil trimester 1.jpg

    Senam ringan pada ibu hamil trimester 1

    Olahraga ringan untuk ibu hamil muda, Kondisi hamil seharusnya tidak menjadi penghalang bagi perempuan untuk tetap selalu menjaga kesehatan tubuhnya. Apalagi jika dalam kondisi hamil tubuh memerlukan lebih banyak asupan makanan serta gizi serta gerakan kinetik yang mampu menggerakkan persendian. Untuk mengatasinya, bagi Anda ibu yang sedang hamil dan usia kandungan masih muda, dapat dilakukan beberapa gerakan olahraga yang ringan. Diantaranya seperti pilates, senam kegel, stretching, bahkan aerobik ringan. Untuk melakukannya pun Anda tidak perlu keluar rumah dan dapat dilakukan di dalam kamar.

     

    2. Senam ibu hamil trimester 2

    Senam ibu hamil trimester 2 \http://shkuter.blogspot.co.id/2014/05/pengalaman-ikut-kelas-senam-hamil.html

    Senam ibu hamil trimester 2                                 sumber : http://shkuter.blogspot.co.id/2014/05/pengalaman-ikut-kelas-senam-hamil.html

    Memasuki trimester kedua, biasanya usia kandungan berkisar tigabelas sampai duapuluh delapan minggu. Pada trimester ini disarakan bagi sang ibu untuk melakukan gerakan-gerakan senam pada bagian pinggul. Tetap dengan gerakan yang perlahan, tetapi tetap bergerak. Karena kondisi janin bayi juga sudah lebih kuat, gerakan pun bisa dimodifikasi menjadi bermacam-macam bergantung pada kreativitas ibu. Selama gerakan yang diciptakan tetap stabil, tidak tergesa-gesa, dan tidak melakukan gerakan-gerakan yang mendadak maka janin akan tetap baik-baik saja.

     

    Senam hamil 7 bulan

    Ketika kehamilan memasuki usia yang tergolong hamil tua, disarankan untuk tetap melakukan beberapa gerakan ringan. Senam untuk kehamilan yang cocok untuk usia kandungan 7 bulan adalah gerakan-gerakan senam yang berkaitan dengan mengatur pernapasan. Melalui pengaturan pernapasan, akan sangat membantu sang ibu saat proses persalinan nanti. Jika sudah mulai dilatih sejak usia kehamilan 7 bulan, maka saat usia kehamilan semakin tua akan semakin terbiasa untuk mengatur pernapasan dan mampu menyesuaikan dengan ritme kontraksi. Pernapasan yang teratur juga mampu menolong ibu agar dapat menghadapi setiap kontraksi yang sifatnya selalu tiba-tiba.

     

    3. Senam ibu hamil trimester 3

    Trimester terakhir ini bisa disebut juga sebagai masa-masa menunggu masa kelahiran bayi. Senam-senam dan gerakan ringan yang dilakukan pun harus yang memiliki manfaat atau efek bagi proses persalinan nantinya. Seperti misalnya gerakan senam hamil dengan jongkok yang mampu mendorong bayi untuk masuk ke rongga panggul.  Atau beragam gerakan-gerakan ringan lain yang juga mampu memperkuat otot pinggul dan otot paha sang ibu.

    Senam ibu hamil 9 bulan, Saat usia kandungan sudah mendekati masa persalinan, dapat dipastikan bahwa perut sudah semakin membesar dan badan sudah semakin berat untuk bergerak. Tetapi untuk wanita hamil jangan jadikan kondisi ini sebagai halangan. Justru dalam kondisi kandungan yang mendekati masa persalinan sangat diperlukan gerakan-gerakan olah tubuh yang dapat membantu memudahkan jalannya persalinan nanti. Beberapa gerakan senam yang dapat dilakukan saat si ibu dalam kondisi hamil 9 bulan adalah seperti merangkak, jongkok, duduk bersila, jalan santai, dan posisi kupu-kupu. Gerakan-gerakan senam yang ringan tersebut dapat membantu mengencangkan otot di beberapa bagian sekaligus membuat rileks.

     

    Gerakan senam ibu hamil agar mudah melahirkan

    Gerakan-gerakan senam yang dapat dilakukan untuk ibu yang sedang hamil tidak ada yang sulit, semuanya adalah gerakan-gerakan yang ringan. Senam yang disarankan untuk dilakukan pada masa kehamilan selalu dengan bertujuan untuk kepentingan kesehatan kehamilan serta memudahkan proses melahirkan. Karena dengan melalui gerakan senam yang ringan dapat membantu stamina ibu tetap stabil agar kuat untuk proses persalinan normal yang membutuhkan tarikan pernapasan yang teratur. Pernapasan yang teratur juga mempengaruhi kekuatan ibu saat mendorong janin di persalinan.

     

    Gerakan senam hamil agar bayi cepat masuk panggul

    Selain untuk menjaga stamina, melakukan senam juga berfungsi untuk mempercepat janin dalam kandungan cepat masuk panggul dan tidak sungsang. Kandungan yang sudah masuk ke panggul akan memudahkan si ibu dalam proses melahirkan. Jika bayi dalam kondisi sungsang, maka akan mempersulit sang ibu untuk dapat melahirkan normal. Kondisi janin yang sudah masuk ke panggul menandakan bahwa sang bayi sudah siap untuk lahir dan menyapa dunia. Apabila bayi belum masuk ke panggul, jangan khawatir karena masih bisa diatasi dengan melakukan senam. Lakukanlah senam dengan teratur tetapi tetap jangan memforsir tubuh, karena mau bagaimanapun kesehatan ibu dan kandungan adalah yang terpenting.

     

    Tips melahirkan normal

    Setiap perempuan yang sedang dalam masa kehamilan, tentunya mendambakan proses kelahiran yang normal dibanding yang tidak normal. Proses kelahiran yang tidak normal umumnya melalui operasi yang disebut dengan Operasi Caesar. Jika melahirkan melalui proses Caesar tersebut akan meninggalkan bekas luka jahitan yang konon masih dapat dirasakan sakitnya meski telah bertahun-tahun yang lalu. Oleh karena itu, ada perlunya Anda mempersiapkan diri sejak masih jauh dari trimester ketiga. Dengan mempersiapkan diri melalui senam dan peregangan akan membantu Anda menghadapi proses persalinan normal.

    Gerakan-gerakan teratur, pengaturan pernapasan, dan menjaga stamina serta kesehatan kehamilan merupakan hal-hal yang sangat penting selama seorang perempuan sedang mengandung. Bahkan jika sudah mendekati hari kelahiran, sangat disarakankan agar si ibu yang sedang hamil agar rutin melakukan senam hamil dan meninggalkan pekerjaan-pekerjaan yang terlalu berat. Hal ini ada perlunya dilakukan untuk menghindari kondisi stamina ibu hamil yang kelelahan. Memasuki trimester ketiga atau yang terakhir, ibu hamil harus sudah mempersiapkan diri baik fisik maupun psikis untuk menghadapi persalinan.

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *