Tips Melahirkan Normal dan Lancar

Berbagai tips melahirkan normal pasti menjadi incaran topik para ibu hamil yang sebentar lagi akan melewati proses persalinan. Melahirkan secara normal dialami oleh ibu hamil yang tidak memiliki gangguan kesehatan tertentu sehingga kelahiran sesuai dengan cara alaminya. Pada beberapa kasus saat kondisi ibu tidak mendukung untuk persalinan normal maka biasanya dilakukan pembedahan (operasi caesar). Banyak kaum ibu yang berkomitmen menginginkan kelahiran yang alami (secara normal) tanpa prosedur operasi.

Tips melahirkan normal.

Persiapan Diri Sebelum Persalinan

Tips melahirkan normal - Persiapan Diri Sebelum Persalinan

Tips melahirkan normal – persiapkan diri sebelum persalinan

Pertama, Anda harus membuat diri sendiri yakin dan niat bahwa proses persalinan normal yang akan berjalan dengan baik dan lancar. Sebelum proses persalinan (saat masa kehamilan) ada baiknya melakukan kegiatan olah raga. Seperti senam hamil, yoga atau olahraga untuk ibu hamil lainnya. Karena dengan cara ini membantu tubuh ibu memiliki respon baik untuk menanggapi rasa sakit yang akan timbul nanti. Selain itu, untuk menghindari risiko terjadinya jahitan setelah melahirkan, maka sebelum kelahiran pada trimester 3 lakukanlah pemijatan perineun.

Baca juga untuk : Senam Hamil

 

Pemilihan Tempat Melahirkan

Ada baiknya tempat yang dipilih untuk melahirkan memiliki suasanya yang mendukung. Tempat yang lega, tidak sempit dan tidak berisik dapat membuat perasaan ibu lebih rileks saat proses melahirkan. Meski tergantung kondisi kesehatan kehamilan ibu, namun suasana yang nyaman dapat mengurangi perasaan cemas pada ibu dan menunjang kelancaran persalinan.

 

Menghindari Kelelahan Sebelum Melahirkan

Menghindari Kelelahan Sebelum Melahirkan

Menghindari kelelahan Sebelum melahirkan menjaga dari hal yang buruk

Tips melahirkan normal dan lancar berikutnya yaitu menghindari kelelahan sebelum melahirkan. Terjadinya episiotomi (robekan) baik ringan atau berat saat melahirkan, faktor kelelahan menjadi salah satu penyebabnya. Maka dari itu dianjurkan bagi ibu saat mendekati proses kelahiran agar memiliki waktu istirahat cukup. Jangan terlalu banyak melakukan aktifitas yang menyebabkan kelelahan. Serta selalu menjaga asupan nutrisi untuk energi yang akan digunakan saat kelahiran nanti.

 

Menggunakan Aroma Terapi untuk Relaksasi

Menggunakan Aroma Terapi untuk Relaksasi

Menggunakan aroma terapi untuk relaksasi untuk membantu lebih tenang

Pemijatan perineum menggunakan minyak zaitun atau aroma terapi membantu peregangan otot-otot untuk kesehatan kehamilan Anda. Pemijatan ini juga membuat suasana menjadi nyaman serta memberikan ketenangan mendekati waktu persalinan. Perasaan tenang sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil ketika akan menjalankan persalinan yang normal. Ketenangan juga dapat meminimalisir terjadinya jahitan saat ibu melahirkan.

 

Konsumsi Alpukat dan Minyak Zaitun untuk Peregangan

Konsumsi buah alpukat dan minyak zaitun juga bermanfaat untuk peregangan kulit dari dalam sehingga keelastisan kulit tetap terjaga. Mengonsumsi teh daun raspberry saat trimester terakhir juga membantu kontraksi lebih produktif saat proses persalinan.

 

Usahakan Tidak Mengangkat Pantat

Apabila Anda mengangkat pantat ketika proses persalinan, maka akan menyebabkan terjadinya robekan pada jalan lahir bayi menjadi lebih luas. Hal ini disebabkan karena apabila bokong Anda diangkat sehingga tidak ada penyangga dan akan menyebabkan otot mudah terkoyak.

Kegiatan bermanfaat lain dapat diisi dengan berbagi cerita menyenangkan dengan ibu hamil lain. Mendapat dukungan kuat dari keluarga serta menikmati masa kehamilan dengan perasaan bahagia dan penuh rasa syukur akan menumbuhkan kekuatan semangat. Sering juga untuk membaca buku tips serta motivasi tentang kehamilan akan menambah referensi dan kesiapan ibu jelang melahirkan.

 

Sekian tips melahirkan normal yang disajikan, semoga informatif dan bermanfaat. Sejatinya tidak ada yang dapat menduga bagaimana perasaan ibu hamil saat persalinan nanti. Namun persiapan sejak hamil akan membantu dalam melewati masa kritisnya saat kelahiran sang bayi. Maka percayalah, melahirkan secara normal merupakan bagian terindah dalam serangkaian perjananan kehamilan kaum ibu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *