• Senam Ibu Hamil Trimester 3 yang Bermanfaat

    Senam ibu hamil trimester 3 dapat dilakukan untuk membantu memperlancar proses kelahiran bayi. Pada saat memasuki masa trimester akhir, banyak ibu hamil mengeluh karena perubahan fisik semakin besar.  Seperti bengkak pada tangan dan kaki, kram di betis dan susah bangun dari tempat tidur. Beban dan ukuran bayi semakin bertambah, bayi bergerak semakin aktif dan ruang geraknyapun semakin terbatas. Hal itu sudah menjadi perkara yang lumrah dialami oleh ibu hamil (wajar dalam skala tertentu).

     

    Pada trimester ini, kesehatan kehamilan ibu juga sangat diperhatikan. Intensitas kontrol ke dokter atau bidan ditingkatkan. Dengan itu dokter akan dapat lebih memantau perkembangan bayi dengan baik. Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan mengikuti kelas senam ibu hamil. Dengan mengikuti kelas hamil, biasanya akan timbul semangat dan motivasi untuk melahirkan secara normal.

     

    Rasa nyeri punggung akan semakin terasa seiring kondisi perut yang semakin membesar. Senam hamil dapat menjadi solusi untuk mengurangi keluhan nyeri pada punggung dan juga membantu kelancaran dalam proses persalinan. Banyak sekali variasi gerakan yang sudah disesuaikan dengan kondisi kehamilan sang ibu.

     

    Senam ibu hamil trimester 3 yang bermanfaaat

    Senam Kagel

    Senam ibu hamil trimester 3 ini bermanfaat untuk perenggangan yang bertujuan mengencangkan dan menguatkan otot panggul bagian bawah. Otot panggul ini sangat berperan dalam kemudahan proses persalinan. Senam Kagel juga dapat membantu dalam mengontrol buang air dan melatih otot rahim. Gerakan senamnya dapat dilakukan saat duduk ataupun berdiri dengan durasi waktu 3-10 detik. Biasanya latihan ini dilakukan 4 kali per hari dan gerakannya cukup mudah. Yaitu dengan mengencangkan otot panggul bawah, lalu dilanjut bernafas bebas dan tidak melakukan gerakan mengencangkan otot perut maupun paha Anda.

     

    Jalan Kaki

    Gerakan jalan kaki memang sebaiknya dilakukan sejak awal kehamilan karena dapat mengurangi waktu proses persalinan nantinya. Gerakan ini sangatlah mudah dan praktis. Akan semakin menyenangkan juga apabila dilakukan di lingkungan sekitar rumah bersama pasangan.  Gerakan ini juga membantu membuat posisi bayi masuk sesuai jalur lahirnya.

     

    Yoga (Pose Tailor)

    Pose tailor atau pose kupu-kupu dalam yoga merupakan gerakan senam hamil posisi duduk dengan punggung lurus di lantai. Posisinya awalnya yaitu dengan merapatkan kedua telapak kaki sehingga saling menyentuh. Lalu dorong bagian lutut ke arah bawah hingga menyentuh lantai. Gerakan ini dilakukan 10-20 detik dan diulangi beberapa kali dalam sehari. Gerakan sederhana ini berguna untuk menghilangkan stress pada punggung bawah dan melatih otot paha.

     

    Senam Jongkok

    Gerakan Senam Hamil Agar Bayi Cepat Masuk Panggul Si Ibu

    Senam hamil berikutnya yaitu senam jongkok yang sangat baik dilakukan oleh ibu hamil pada trimester ke 3. Gerakannya dapat memperkuat otot paha dan membantu peregangan otot panggul dimana manfaatnya sangat dibutuhkan pada proses persalinan nanti. Gerakan senam ini cukup mudah, dimulai dengan posisi awal punggung lurus, lalu secara perlahan badan diturunkan hingga posisi jongkok. Tahan posisi jongkok selama 10 detik lalu kembali ke posisi berdiri.

     

    Semua gerakan senam ibu hamil trimester 3 ini bermanfaat untuk menjaga kebugaran serta membantu kelancaran proses kelahiran nanti. Selain mudah, Anda juga dapat melakukan variasi gerakan sendiri dan tidak perlu dipaksakan. Ada lebih baiknya jika berdiskusi terlebih dahulu mengenai gerakan senam yang akan dilakukan dengan dokter kandungan Anda.

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *