Gerakan Senam Ibu Hamil Trimester 2

Senam ibu hamil trimester 2 pada masa kehamilan minggu ke 13-28 dapat dilakukan dengan gerakan yang lebih beragam. Hal ini disebabkan karena kondisi janin yang sudah semakin kuat. Pada trimester ini gerakan senam lebih difokuskan pada latihan dasar area punggung sekitarnya. Manfaat senam ini yakni untuk persiapan kondisi keadaan bayi yang semakin membesar.

Pada masa kehamilan trimester 2 ini kondisi janin sudah mulai melakukan aktifitas kecil seperti memasukkan ibu jari ke dalam mulutnya. Perkembangan plasenta janin juga telah menjadi sempurna. Bahkan perkembangan panca indera janin mulai diperhatikan untuk mencegah berbagai macam kelainan yang dapat terjadi.

Senam hamil tetap dianjurkan meskipun pada masa ini kemampuan ibu beradaptasi dengan kondisi fisiknya lebih baik daripada saat trimester sebelumnya. Janin pada masa ini sudah lebih teratur karakternya. Namun karena ukuran janin yang terus membesar tak jarang membuat area perut dan pinggul terasa nyeri. Hal ini disebabkan terjadinya peregangan pada ligamen dan pembesaran rahim.

 

Contoh Gerakan Senam ibu hamil trimester 2

Senam ibu hamil trimester 2 dapat dilakukan dengan beberapa gerakan sederhana berikut.

 

1. Gerakan Melatih Keseimbangan Pinggul

Latihan ini dapat dilakukan dengan mengambil posisi tidur miring. Kemudian tempatkan ujung kaki bagian atas mengarah ke lantai. Lalu naikkan kaki bagian atas dengan posisi lurus, kemudian turunkan lagi ke bawah hingga menyentuh kaki bagian bawah. Ulangi gerakan 5-6 kali sebagai gerakan pemanasan awal.

 

2. Gerakan Melatih Otot Punggung

Senam Hamil trimester 2 - Gerakan Melatih Otot Punggung

Senam Hamil trimester 2 – Gerakan Melatih Otot Punggung

Senam ibu hamil trimester 2 pada poin ini dilakukan dengan mengambil posisi berlutut lalu posisikan kedua tangan menumpu di belakang badan. Perlahan-lahan angkat pinggul ke atas hingga posisi badan lurus membentuk 450 dari lantai. Lalu turunkan badan perlahan-lahan ke posisi awal. Lakukan gerakan tadi sesuai dengan kemampuan.

 

3. Gerakan Relaksasi Perut

Senam Hamil trimester 2 - Gerakan Relaksasi Perut

Senam Hamil trimester 2 – Gerakan Relaksasi Perut

Gerakan senam hamil ini dilakukan dengan mengambil posisi merangkak dan rileks. Kemudian lengkungkan badan ke atas lalu rilekskan lagi melengkung ke bawah. Ulangi gerakan itu untuk merilekskan otot perut.

 

4. Gerakan Melatih Otot Pinggang

Senam Hamil trimester 2 - Gerakan Melatih Otot Pinggang

Gerakan Melatih Otot Pinggang

Mengambil posisi merangkak dengan relaks. Luruskan kaki bagian kanan sejajar dengan badan (1800) lalu turunkan kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan tersebut bergantian dengan kaki kiri. Gerakan ini dapat dilakukan hingga 10 kali. Bermanfaat pula untuk melatih otot perut dan punggung Anda.

 

5. Gerakan Mangangkat Pinggul Posisi Terlentang

Senam Ibu Hamil trimester 2

Senam Ibu Hamil trimester 2 – Gerakan Mangangkat Pinggul Posisi Terlentang

Mengambil posisi tidur terlentang dengan kedua tangan diluruskan di samping badan. Lalu tekuk kedua lutut dengan posisi telapak kaki memijak lantai dan tangan memegang mata kaki. Kemudian angkat bagian punggung serta pinggul pelan-pelan dan jangan mengangkatnya terlalu tinggi. Ulangi gerakan ini antara 3 hingga 6 kali.

Kegiatan olahraga senam ini sangat baik kesehatan kesehatan kehamilan. Hal ini sangat penting dilakukan untuk merilekskan otot-otot tubuh. Namun perlu juga diperhatikan dalam melakukan olahraga saat hamil maka harus dilakukan dengan teknik gerakan yang benar. Karena melakukan olahraga saat hamil tentu akan lebih beresiko. Gerakan jangan dilakukan dengan sangat menekan sehingga tidak merusak otot. Durasi dalam berolahraga juga perlu diperhatikan agar ibu hamil tidak terlalu lelah.

Manfaat Senam ibu hamil trimester 2

Senam ibu hamil trimester 2 ini apabila dilakukan dengan teratur dan tepat tentu akan memberikan manfaat yang besar bukan? Otot-otot tubuh menjadi kuat, persendian tidak kaku dan pesedaran darah menjadi lancar. Untuk pengaruh secara emosional, ibu hamil juga akan lebih merasa rileks dan bahagia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *