• Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil Muda

    Seorang perempuan yang sedang hamil muda, pasti akan merasakan perubahan pada tubuhnya. Perubahan ini diiringi dengan rasa tidak enak badan seperti mual bahkan muntah. Namun, meskipun dalam kondisi yang kurang enak seperti ibu, perempuan yang hamil muda harus tetap menjaga kesehatan dengan tetap makan yang teratur. Selain itu juga harus tetap rutin bergerak seperti melakukan olahraga ringan untuk ibu hamil muda yang dapat dilakukan di rumah.

    Perempuan yang sedang hamil bukan berarti tidak boleh banyak bergerak, melainkan tetap harus rutin bergerak agar persendian tidak kaku dan mengencangkan otot guna melancarkan persalinan. Ada beberapa olahraga ringan untuk ibu hamil yang dapat dengan mudah dilakukan, juga tidak menyita banyak waktu karena hanya memerlukan beberapa menit saja untuk melakukan gerakan-gerakan olahraga ini.

     

    Cara olahraga ringan untuk ibu hamil muda

    Selain menjaga kesehatan kehamilan, ibu hamil muda juga perlu untuk menjaga kebugaran tubuhnya agar tidak terasa lemas dan tetap bersemangat menjalani kegiatan sehari-hari. Dapat dilakukan juga dengan melakukan beberapa gerakan olahraga berikut

    1. Senam hamil kegel
    Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil Muda - Senam Kegel

    Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil Muda – Senam Kegel

    Jenis olahraga yang pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan senam kegel. Ini adalah salah satu jenis dari senam yang mudah dan aman dilakukan oleh ibu hamil muda. Dengan rutin melakukan senam ini dapat menjaga berat badan di angka yang ideal serta menghilangkan rasa nyeri akibat perubahan pada tubuh.

     

    1. Pilates untuk senam hamil

     Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil Muda - Pilates

    Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil Muda – Pilates

    Melakukan pilates secara rutin pun dapat membantu mengencangkan otot panggul dan paha bagi ibu hamil. Untuk melakukan jenis olagraga ringan yang satu ini biasanya memerlukan instruktur karena memerlukan pelatihan dasar.

     

    1. Stretching senam hamil
    Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil Muda - Stretching senam hamil

    Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil Muda – Stretching senam hamil

     

    Metode ini biasa digunakan sebagai proses pemanasan saat akan berolahraga, namun jika dilakukan oleh ibu hamil muda maka akan berfungsi sebagai senam hamil yang sangat membantu melenturkan tubuh sehingga menjadi lebih rileks. Ada baiknya stretching dilakukan sejak masa kehamilan masih berada pada trimester pertama.

     

    1. Senam hamil dengan aerobic ringan

     Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil Muda - aerobic ringan

    Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil Muda – aerobic ringan

    Kegiatan aerobic cenderung menyebabkan keringatan yang sangat banyak bagi yang melakukannya, jika ibu hamil ingin melakukan olahraga jenis ini ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan. Meskipun demikian, melakukan olahraga aerobic ringan mampu membantu menyehatkan jantung si ibu.

     

    1. Senam hamil dengan yoga

     Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil Muda - Yoga

    Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil Muda – Yoga

    Yoga dikenal sebagai olahraga ringan untuk ibu hamil yang berkhasiat untuk membuat pikiran dan badan menjadi rileks. Senam yoga ini sangat bermanfaat jika terus dilakukan secara rutin sejak trimester pertama kehamilan hingga menjelang masa persalinan.

     

    1. Berenang pengganti senam hamil

     Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil Muda - Berenang

    Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil Muda – Berenang

    Jenis olahraga yang satu ini memang membutuhkan waktu yang lebih banyak daripada senam-senam sebelumnya. Namun, dengan berenang secara rutin selama masa kehamilan mulai dari trimester pertama hingga saat-saat menjelang persalinan akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh anda. Otot-otot anda menjadi kencang juga tubuh terasa lebih rileks.

    Pentingnya berolahraga menjadi kebutuhan bagi setiap orang, baik itu laki-laki atau perempuan, baik itu perempuan yang sedang hamil maupun yang tidak sedang hamil. Terutama bagi perempuan yang sedang hamil tetap perlu bergerak meskipun harus dibatasi agar tidak sampai kelelehan. Seperti dengan melakukan olahraga ringan untuk ibu hamil muda yang mampu memberikan dampak positif. Seperti kesehatan tubuh dan kehamilan terjaga, tubuh menjadi selalu bugar, serta pikiran pun menjadi selalu positif. Pikiran yang positif akan membawa dampak positif juga tidak hanya bagi ibu, tetapi juga bagi bayi yang dikandungnya.

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *