• Imunisasi TT pada Ibu Hamil: Pengertian, Manfaat dan Efek Samping

    Merasa sudah pernah imunisasi pada waktu bayi? Hal tersebut memang baik, namun terdapat imunisasi lanjutan untuk masa dewasa. Salah satunya adalah imunisasi TT pada ibu hamil. Apakah pengertian dari TT? Apa manfaatnya? Dan adakah efek samping dari pemberian imunisasi tersebut? Untuk menjawab semua pertanyaan anda, simaklah informasi penting di bawah ini.

     

    Pengertian Imunisasi TT

    TT adalah kepanjangan dari Tetanus Toksoid atau lebih dikenal dengan infeksi tetanus. Sedangkan imunisasi TT adalah sebuah proses untuk mencegah terinfeksi tetanus, dengan cara memberikan suntik TT pada ibu hamil atau sebelum melakukan pernikahan. Suntikan tersebut berisi toksin dari kuman tetanus yang telah dilemahkan dan dimurnikan. Lalu apakah manfaat dari pemberian imunisasi ini?

    imunisasi TT pada ibu hamil

    Manfaat Imunisasi TT pada Ibu Hamil

    1. Perlindungan Untuk bayi Baru Lahir

    Artinya, dengan suntikkan vaksin tetanus pada saat ibu mengandung, akan menolong bayi dari masalah tetanus pada bulan pertama kelahiran. Tetanus yang dapat menyerang bayi pada awal kelahiran bayi adalah tetanus neonatorum. Dan bakteri tetanus ini, dapat mambahayakan nyawa dari bayi tersebut.

    1. Melindungi Ibu Hamil

    Tidak hanya bermanfaat untuk si anak yang baru lahir, imunisasi TT juga bermanfaat untuk si ibu sendiri. Apakah manfaatnya? Manfaat tersebut adalah perlindungan si ibu dari infeksi tetanus yang mungkin menyerang saat ibu memiliki luka. Jika memang anda melakukannya, ada baiknya lakukanlah dengan segera. Dan dapatkan manfaatnya untuk anda dan calon anak anda.

     

    Efek Samping Imunisasi TT

     

    1. Nyeri Pada Lokasi Suntikan

    Sama seperti imunisasi pada sewaktu kecil, hal ini biasa terjadi. Jadi anda tidak perlu khawatir dan menanggapinya secara berlebuhan. Namun, bila hal ini terjadi selama lebih dari dua hari, barulah periksakan kembali ke tempat anda mendapatkan suntikan imunisasi tersebut.

    1. Bengkak dan Kemerahan

    Biasanya tidak hanya terjadi masalah nyeri pada bekas suntikan tersebut, namun disertai dengan bengkak dan kemerahan. Bersamaan dengan rasa nyeri di atas, bengkak dan kemerahan pun akan hilang dalam 1 atau dua hari.

    1. Demam

    Terdapat hal lain, yang mungkin terjadi pada saat pemberian suntikan TT yaitu demam. Biasanya demam akan terjadi dari demam ringan hinggan berat. Semuanya akan tergantung pada kesehatan si ibu penerima imunisasi. Namun bagi ibu yang sehat tidak perlu takut karena tidak akan terjadi demam pada saat imunisasi dilakukan. Jika demam terjadi, ada baiknya ibu hamil melakukan istirahat yang cukup dan demam akan turun dengan sendirinya. Jika memang demanpm belum turun dalam 1×24 jam, segeralah periksakan diri ke dokter.

    1. Mual disertai Rasa Lelah yang Teramat

    Setelah imunisasi selesai dilakukan, biasanya si ibu pun akan merasakan mual dan cepat lelah. Hal ini sering sekali disalah artikan sebagai efek dari kehamilan. Namun dapat saja, hal ini disebabkan oleh suntikan imunisasi. Dan tidak perlu khawatir karena hal ini hanya terjadi beberapa saat dan akan hilang dengan sendirinya. Jika memang mual dirasakan sangat menganggu, segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan. Jika terjadi efek samping yang berbeda dari hal di atas, ada baiknya segera hubungi dokter terdekat. Sehingga tidak akan terjadi hal yang membahayakan bagi anda dan janin.

     

    Setelah mengerti tentang pengertian, manfaat dan efek samping dari imunisasi TT pada ibu hamil, sudahkah anda yakin untuk melakukannya? Jika belum, anda dapat melakukan konsultasi pada dokter kandungan anda. Untuk meyakinkan, apakah suntikan TT tersebut baik untuk dijalani oleh anda atau tidak.

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *