• Obat Mual bagi Ibu Hamil yang Paling Aman

    Ibu hamil pada trisemester awal akan mengalami “morning sickness” yaitu merasakan mual dan muntah tetapi bervariasi mulai dari rasa mual yang biasa sampai yang membuat lemas dan tidak bisa di beri asupan makanan. Oleh karena itu sangat penting sekali adanya obat mual bagi ibu hamil untuk mengatasi hal ini.

    Rasa mual dan ingin muntah merupakan gejala yang sering di alami pada saat ibu hamil muda, padahal masa tersebut seharusnya adalah masa dimana seorang ibu banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi yang akan berpengaruh bagi perkembangan janin di dalam kandungannya.

    Obat Mual bagi Ibu Hamil

    Ada berbagai macam cara untuk mengatasi hal ini dari mulai menggunakan obat- obatan secara alami maupun menggunakan obat- obatan medis yang di anjurkan oleh dokter, untuk tetap menjaga keamanan dan tubuh sang ibu hamil maka penggunaan jenis obat di sesuaikan dengan keadaan sang ibu sendiri, jika mual itu ringan maka gunakanlah terapi alami dan obat herbal, akan tetapi jika gejala mual sudah parah maka gunakanlah obat medis.

    Ondansetron untuk Ibu Hamil

    Ondansetron untuk Ibu Hamil

    Ondansetron sendiri merupakan obat yang di gunakan untuk mengatasi rasa mual bagi orang yang sudah menjalani kemoterapi, operasi dan radioterapi. Cara kerja obat ini adalah dengan memblokir salah satu subtansi dalam tubuh yang menyebabkan terjadinya rasa mual.

    Pertanyaannnya apakah ondansetron aman di gunakan obat mual bagi ibu hamil untuk mengatasi gejala “morning sickness”. Jawabannya adalah aman jika obat tersebut di konsumsi menurut resep dokter, tidak berlebihan dan tidak di anjurkan untuk diminum secara berkelanjutan.

    Keunggulan ondansetron di bandingkan dengan obat mual lainnya adalah:

    • Akan sangat efektif jika di minum untuk mengatasi rasa mual yang datang secara berlebihan, seperti terjadi ketika selesai kemoterapi dan ibu hamil yang mengalami morning sickness secara berlebihan.
    • Menggunakan ondansetron untuk mengatasi rasa mual akan lebih aman jika dibandingkan dengan mengkonsumsi obat jenis lainnya karena obat ini tidak akan menimbulkan reaksi ekstrapyramidal.
    • Selain itu prosesnya cepat dalam mengosongkan lambung dan akan membuat si peminum obat ini menangani rasa mualnya tersebut.

    Efek samping yang akan terjadi secara umum jika tubuh tidak menerima ondansetron adalah:

    • Mengantuk
    • Demam
    • Sakit kepala
    • Pusing

    Jika efek samping terjadi secara berlebihan seperti pingsan dan pandangan mulai kabur maka hubungi dokter segera untuk mencegah hal buruk terjadi pada ibu hamil.

    Obat Mual bagi Ibu Hamil Secara Tradisional

    Dan jika ibu hamil menggunakan cara tradisional dalam mengatasi rasa mualnya maka akan lebih aman namun efeknya akan terasa lebih lama, contohnya adalah:

    • Menghirup udara pagi

    Menghirup Udara segar unuk Ibu hamil

    Udara pagi akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa mual pada ibu hamil, ketika sang ibu hamil menghirup udara sejuk di pagi hari akan membuat mereka merasa rileks hal inilah yang menyebabkan rasa mual tersebut hilang.

    • Mengkonsumsi buah dingin

    Jika mengkonsumsi buah dingin maka akan menetralisir rasa mual yang dirasakan oleh ibu hamil, buah tersebut bisa diletakan terlebih dahulu di lemari es karena buah dengan bersuhu dingin akan lebih mudah di terima dan di cerna oleh usus dan tubuh.

    • Meminum jahe hangat

    Baik para medis maupun non medis sering kal menganjurkan untuk meminum jahe hangat jika seorang ibu hamil mengalami rasa mual secara berlebihan, jahe mengandung minyak atsiri yang memiliki manfaat untuk mengatasi rasa mual.

     

    Anda bisa memilih obat mual bagi ibu hamil mana yang cocok dan aman digunkan, akan tetapi Jika rasa mual sudah terlalu berlebihan hingga asupan makanan tidak bisa masuk maka solusi paling terakhir adalah membawanya ke rumah sakit untuk menjalani berbagai pengobatan, dan agar ibu bisa mendapat nutrisi dari infus.

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *